Home Forums

    • Forum
    • Topics
    • Posts
    • Freshness
    • Guru

      Guru Kristen yang transformatif, Guru 2 mile (Matius 5:41)

      Apakah sebagai guru Kristen,kita melihat diri kita sebagai Guru yang tidak saja mengajar untuk hidup/nafkah, melainkan guru yang hidup untuk mendidik” (Panggilan Hidup)?

      Apakah sebagai Guru Kristen, kita hanya mengajar hanya terbatas ruang kelas dan jam kerja? Layaknya sebagai seorang professional? Guru Kristen harus beyond professional.

      Apakah sebagai guru Kristen, kita menyadari dan mengenali keunikan setiap anak didik kita sehingga kita dapat mengembangkannya sesuai talenta dan bakatnya sekalipun kita harus mengorbankan waktu diluar kelas untuk mengenali mereka secara pribadi.

      Apakah sebagai guru Kristen, kita mendorong diri sebagai pembelajar seumur hidup dengan mengembangkan diri dengan ketrampilan –ketrampilan mengajar baik secara formal maupun non formal.

      Apakah sebagai guru Kristen,kita dapat menjadi contoh dan model bagi anak didik kita untuk mereka boleh mengenal kristus.

      (in your teaching over the last few months what kind of example have you set for your student)

      Apakah sebagai guru Kristen,kita mengajar dengan hati sehingga dapat mengubah kehidupan anak didiknya.

      Menyentuh hati mereka bukan hanya menyentuh kepalanya mereka?

      Apakah sebagai guru Kristen, kita dapat menciptakan kondisi-kondisi paling menyenangkan untuk belajar mandiri…

      Mengajar yang benar bukanlah menyampaikan pengetahuan tetapi

      Menggugah orang mencari pengetahuan.

      bisa dikatakan bahwa mengajar yang baik

      adalah yang paling sedikit mengajari orang

      Apa yang ingin murid-murid kita ingat tentang pengajaran kita tahun-tahun kemudian?apa yang akan mereka ingat tentang kita sebagai guru mereka?

      This is your Legacy.

    • 3
    • 3
    • 5 months, 1 week ago

       Anonymous

    • Guru

      Profil seorang Guru Kristen

        Artikel yang diadaptasi dari “To Those Who Teach In Christian Schools” (Kepada Mereka yang Mengajar di Sekolah Kristen) karangan R.W. Jr. Lowrie (1988), menyebutkan beberapa karakteristik yang diperlukan seorang guru untuk dapat mengajar di skeolah Kristen.      
      1.Seorang Kristen yang Berkomitmen.

      Guru yang mengajar di sekolah Kristen harus mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhannya dan mengetahui status mereka sebagai anak-anak Allah dan yang dosanya telah diampuni. Mereka haruslah terus memiliki kerinduan untuk melayani Tuhan.

      2.Berjalan Erat bersama Tuhan
      Guru Kristen haruslah hidup dalam pimpinan Roh Kudus dan menunjukkan buah-buah Roh dalam kehidupan sehari-hari dan di sekolah. Mereka harus berdoa dan membaca Alkitab setiap hari sehingga Tuhan dapat membimbing mereka dan memberikan mereka makanan rohani dari Alkitab untuk dapat dibagikan kepada para murid.      
      3.Seorang dengan Panggilan Pelayanan yang Kuat
      Mengajar di sekolah Kristen bukanlah hanya sebuah pekerjaan; ini adalah sebuah pelayanan. Para guru harus mengenal panggilan Tuhan dan karunia mengajar yang telah diberikan. Mereka melihat mengajar sebagai sebuah pelayanan kepada Tuhan. Apa saja kualitas dari seorang guru yang perlu ditampilkam jika mereka sungguh memperhatikan para muridnya seperti seorang gembala menjaga para dombanya? Seperti apakah orang yang buta rohani? Apa yang akan dialami para murid jika guru mereka mengalami buta rohani? Apa yang Yesus katakan tentang seorang yang membuat muridnya tersandung?      
      4.Bersaksi dengan Baik dalam Masyarakat.
      Setiap anggota komunitas sekolah harus mampu melihat bahwa guru adalah pengikut Kristus. Segala kemunafikan hanya akan memberikan dampak buruk bagi para murid. Seorang guru yang gaya hidupnya tidak sesuai dengan nilai-nilai Alkitab sebaiknya tidak mengajar di sekolah Kristen. Hal ini juga termasuk kecanduan obat, ketamakan, kemalasan, suka membicarakan orang lain, (Roma 13:13; 2 Korintus 12:20)      
      5.Guru Pembimbing yang Memperhatikan para Muridnya
      Para guru harus mengasihi para murid yang menjadi tanggung jawabnya dan harus menempatkan kebutuhan mereka di atas kepentingan pribadi. Mereka layaknya memiliki sikap yang sama seperti yang Yesus perbuat kepada para murid- Nya, (Filipi 2:1-5). Di atas segalanya, seorang guru harus mengasihi sesama, termasuk sesama rekan guru, para murid, dan orang tua mereka.      
      6.Penginjil bagi Para Muridnya
      Para guru berusaha membimbing para murid untuk mengikuti Yesus. Mereka harus berperan sebagai pemenang kehidupan yang mampu menghadirkan Kabar Baik dengan jelas dan sederhana sehingga para murid mampu memahaminya.      
      7.Seorang Guru yang Menghargai Murid
      Guru sekolah Kristen harus menghargai setiap murid sebagai seseorang yang diciptakan khusus serupa dengan gambar Allah. Guru yang menghargai murid akan berusaha untuk menggali potensi terbaik dari para muridnya untuk membawa kebaikan bagi kesatuan tubuh Kristus.      
      8.Memiliki Hati untuk Memaafkan
      Umat Kristen diperintahkan untuk memaafkan orang lain yang berbuat salah terhadap mereka (Matius 18:21-35). Orang lain disini meliputi rekan guru, orang tua dan para murid. Banyak guru memberikan lebel kepada para murid yang sering berbuat nakal seperti anak yang bermasalah atau pencuri atau pembohong. Hal tersebut menunjukkan ketiadaan hati untuk memaafkan dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berubah (Matius 18:35). Para guru tidak pantas untuk berbicara buruk mengenai murid mereka kepada guru lain karena hal ini berarti mereka sedang bergosip.      
      9. Seorang Pemimpin yang Baik
      Guru adalah pemimpin dan mereka harus mampu menunjukkan karakteristik seperti yang ada di Alkitab, (1 Timotius 3), termasuk bersikap setia dalam pasangan hidup dan memelihara anak-anak mereka dalam jalan Tuhan. Guru tidaklah dapat gagal di rumah tangganya, namun dapat menjadi efektif di sekolah. Seorang guru yang tidak dapat mendidik anaknya dengan disiplin, tidak akan mampu mendisiplinkan anak-anak orang lain.          
      10. Tidak Banyak Mengeluh dan Seorang Pekerja Keras
      Para guru secara sukarela mengerjakan apa yang menjadi bagiannya di sekolah tanpa mengeluh. Di dalam Alkitab dikatakan bahwa keluhan melawan kuasa Tuhan merupakan dosa pemberontakan terhadap Tuhan dan akan mendapatkan tindakan atas perbuatannya, (Bilangan 14:27-30).      
      11.Seorang Penyembah Tuhan dalam Komunitasnya
      Guru Kristen hendaknya secara rutin terlibat dalam pelayanan dan penyembahan pujian di gereja. Mereka harus mendapatkan peran aktif sebagai tim pujian dan tim doa di sekolah, meskipun sekolah dikelola oleh dominasi sekolah yang berbeda.      
      12.Dipimpin oleh Firman Tuhan
      Guru Kristen harus percaya bahwa Alkitab adalah Firman Allah dan sebagai penuntun kehidupan mereka. Mereka hendaknya terus berusaha mematuhi setiap pengajaran. Alkitab menceritakan bagaimana umat Kristen hidup. Jika guru tidak dapat menerimanya sebagai Firman Tuhan, maka mereka sebenarnya tidak memiliki nilai apapun untuk dibagikan kepada para murid.      
      13.Memiliki Ajaran Rohani yang Baik
      Guru harus memiliki pengetahuan yang baik tentang Alkitab dan mampu menolong para murid memahami bagaimana mereka dapat mengaplikasikan Firman Allah ini dalam kehidupan sehari-hari. Guru sekolah Kristen harus mampu mengidentifikasikan setiap pengajaran yang salah. Doktrin yang tidak tepat akan selalu ada di segala bentuk komunitas Kristen dan sering terlihat sebagai hal yang dapat dipercaya.
       
      14.Memiliki Standar Profesionalitas yang Tinggi
      Guru Kristen haruslah mendedikasikan dirinya kepada tugas mengajar, selalu memberikan usaha terbaik dalam menyiapkan pelajaran bagi murid, memastikan rancangan pengajaran, dan dokumen nilai dibuat dengan baik.      
      15.Peka Terhadap Kebutuhan Murid
      Guru yang baik mendengarkan apa yang para murid katakan sehingga mereka dapat mengerti kebutuhan para muridnya. Mereka harus peka terhadap kebutuhan fisik, emosi, akademik, dan rohani anak-anak murid mereka. Memiliki kepekaan akan kebutuhan ini bukan berarti bersifat ingin tahu tentang kehidupan keluarga mereka, melainkan sebagai bentuk pemerhati dan mendengarkan.      
      16.Seorang Teladan yang Baik
      Kebiasaan dan tindakan setiap guru haruslah dapat mencerminkan teladan yang baik bagi muridnya. Para guru mengikuti teladan Kristus dan mempersaksikannya dengan sikap mereka. Guru perlu menjadi seorang teladan yang baik.    
    • 0
    • 0
    • No Topics

    • Jadwal dan Agenda
      1. September 2017
        1. 7 Muswil Jateng & DIY
        2. 11 September - 15 September 2017 : Pelatihan MPK - Educare di Bandung (Jabar)
        3. 18 September - 22 September 2107 : Pelatihan MPK - Educare di Kab Sitaro (Sulut)
        4. 25 September - 29 September 2017  : Pelatihan ToT MPK & & NHI di Surabaya (Jatim)
      2.  Oktober 2017
        1. 16 Oktober - 20 Oktober 2017 : Pelatihan ToT MPK & NHI di Palangkaraya
        2. 23 Oktober - 27 Oktober 2017 : Pelatihan MPK & DAI di Makassar
      3. November 2017
        1. 2 November 2017 - 4 November 2017 : SPP I
        2. 28 November 2017 - 2 Desember 2017 : Pelatihan MPK & NHI di Maluku
      4. Desember 2017
             
    • 4
    • 4
    • 4 weeks ago

       boris

    • Kepala Sekolah

      Kepala Sekolah Kristen yang transformatif

      Apakah kita sebagai kepala sekolah Kristen mampu menciptakan lingkungan yang merefleksikan nilai-nilai kristiani dan hubungan yang sehat serta saling menghargai diantara individu-individu yang terlibat dalam proses pendidikan.

      Apakah kita sebagai kepala sekolah Kristen dapat membimbing baik kerohanian dan kepribadian setiap individu bertumbuh dan terpelihara dan buah Roh nyata dalam setiap hubungannya.

      Apakah kita sebagai kepala sekolah memperlengkapi setiap individu yang terlibat untuk menjadi pemimpin hamba yang memakai pendekatan transformasi dan bukan transaksional terhadap murid dan keluarganya.

      Apakah dalam mengambil keputusan,kita sebagai kepala sekolah Kristen mengajak seluruh individu yang terlibat untuk mencari dan mengerti kehendak Tuhan atas hal tersebut.

      Apakah kita sebagai kepala sekolah Kristen menjamin bahwa visi, nilai-nilai yang telah ditetapkan terpelihara dan dijunjung.

      Silahkan tambahkan dari pendapat anda sendiri sebagai kepala sekolah Kristen dan apa yang diharapkan orang untuk seorang kepala sekolah Kristen?

    • 11
    • 12
    • 4 weeks ago

       boris

    • Lowongan Pekerjaan
      Pada Forum ini Bapak dan Ibu dapat memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan (Guru, Kepala Sekolah, Koordinator Sekolah, Operator Sekolah, Security Sekolah, dll)
    • 3
    • 3
    • 2 months, 2 weeks ago

       boris

    • Pengurus Yayasan

      Pengurus  Yayasan Kristen yang transformatif

      Apakah kita sebagai pengurus yayasan telah menyelenggarakan pendidikan Kristen sesuai nilai-nilai kristiani ?

      Bagaimana kita memperlakukan kepala sekolah,guru dan staff administrasi?

      Apakah yang menjadi standar bagi kita sebagai pengurus yayasan dalam mengambil kebijakan dan keputusan membuka sekolah?

      Apakah semata-mata profit ataukah pelayanan demi pendidikan bagi semua(

      Education for all)termasuk membuka sekolah di daerah-daerah yang “kering” namun sangat membutuhkan kehadiran sekolah-sekolah Kristen yang baik.

      Apakah kita sebagai pengurus yayasan hanya memikirkan yayasan kita sendiri

      untuk bendera kita sendiri(membangun menara babel sendiri) ataukah yayasan

      kita menjadi berkat bagi yayasan-yayasan pendidikan Kristen lainnya yang sangat membutuhkan pertolongan sehingga kehadiran kita tidak membawa keresahan tetapi membawa berkat.

      Apakah yayasan kita bersedia menjadi orang tua asuh bagi yayasan kecil  yang membutuhkan bantuan.

      Silahkan tambahkan dari pendapat anda sendiri sebagai Anggota yayasan pendidikan Kristen dan apa yang diharapkan orang untuk seorang anggota Yayasan pendidikan Kristen?

    • 2
    • 3
    • 4 weeks ago

       boris