Internet Untuk Membawa Damai

Sesuai paparan dari Bp. Rudiantara S.Stat,MBA Menteri Komunikasi dan Informatika tentang “peran aktif masyarakat menciptakan perdamaian menggunakan media social dengan bijak” Ancaman terbesar Indonesia saat ini adalah penyebaran konten negatf melalui internet atau yang sering disebut hoax, ataupun cyberbullying, online radicalism, pornografi, perjudian, human trafficking, dan lain sebagainya. Internet digunakan untuk hal yang sifatnya tidak positif, dan menjadikannya konsumsi berbagai kalangan. tidak luput darinya adalah anak-anak sekolah dan juga melalui penelitian oleh kominfo rata-rata pengguna internet saat ini terbanyak adalah para ibu. Sehingga hal ini tentu harus menjadi perhatikan kita. Dalam menggunakan internet perlu digarisbawahi mengenai konten yang dilarang; sebagai contoh yang marak beberapa saat lalu yang mengandung unsur SARA, yang sifatnya mengadu domba.

Kominfo secara langsung dapat memblok situs-situs yang “membahayakan”. Tapi jika pada peredarannya menggunakan Media Sosial seperti : Facebook, Instagram atau Twitter atau applikasi telepon seperti whatsapp atau bbm akan melalui proses terlebih dahulu.

Kita perlu menjaga agar internet dapat digunakan sebagai media yang membawa pengaruh positif bahkan dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Sehingga pemberitaan yang masih belum jelas dan pasti sumbernya sebaiknya tidak di teruskan/forward

0
Berita

Comments