KONGRES XVI MPK TAHUN 2016

Kongres Majelis Pendidikan Kristen di Indoneisa (MPK) adalah kegiatan lima tahunan yang dilakukan oleh MPK bersama anggota-anggota dan perangkat pelayanannya yang memiliki landasan konstitusional yang kuat. Kongres adalah forum tertinggi dalam keorganisasian MPK. Kongres XVI MPK di  Jakarta Tahun 2016 diselenggarakan dengan tema: Yesus Kristus adalah Guru dan Gembala Agung, dan subtema: Bersinergi Mengembangkan Pendidikan Kristen untuk Mewujudkan Generasi yang Mengasihi Tuhan dan Sesama.

Tuan rumah Kongres XVI MPK Tahun 2016 sekaligus sebagai Panitia Pelaksana adalah MPKW Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi-Banten (Jabodesiten) dengan Ketua Umum Panitia Pelaksana adalah Dr. Doseba T. Sinay, MBA dari Yayasan Tirtamarta-BPK Penabur. Bertempat di Hotel Royal Kuningan – Jakarta Selatan, Kongres XVI MPK yang diselenggarakan pada 2-4 November 2016 yang lalu, telah berjalan dengan baik dan sukses.

Pada acara pembukaan Kongres XVI MPK, renungan dalam ibadah disampaikan oleh Pdt. DR. Nus Reimas. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan diantaranya: sambutan Ketua Umum Panitia Pelaksana Kongres XVI MPK, sambutan Ketua Umum PGI mewakili gereja-gereja di Indonesia, Pdt. Dr. Henriette T. Hutabarat-Lebang, sambutan Bp. Arif Budiman (Staff Ahli Mendikbud) sebagai perwakilan dari Kemendikbud, dan sambutan dari Ketua Umum MPK, Ir. David J. Tjandra, MA sekaligus membuka Kongres XVI MPK.

Pada kesempatan ini juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP datang dan melakukan dialog interaktif dengan pemimpin-pemimpin Yayasan/Badan Penyelenggara Pendidikan Kristen, peserta Kongres XVI MPK. Dalam diskusi tersebut, beberapa topik yang dibahas diantaranya adalah mengenai : pendidikan karakter melalui full day school, peningkatan pendidikan vokasi, sertifikasi pendidik, kebijakan tentang ujian nasional, kebijakan tentang kurikulum, serta topik-topik lain dari para peserta. Dalam hal ini Kemendikbud menyambut baik Kongres MPK dengan harapan agar MPK bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan pendidikan nasional serta peran serta sekolah-sekolah Kristen yang dikoordinasikan oleh MPK dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia harus didukung oleh semua pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia.

Awalnya, Kongres XVI MPK direncanakan akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 2 November 2016 sampai dengan 4 November 2016, namun pada Sidang I KONGRES memutuskan untuk memadatkan acara, sehingga Kongres XVI MPK selesai pada Kamis, 3 November 2016 malam hari. Sebagai puncak acara Kongres XVI MPK adalah pemilihan dan pelantikan Ketua Badan Pengawas MPK, Ketua Umum MPK, Sekretaris Umum MPK, dan Bendahara Umum MPK masa layanan 2016-2021. Maka sesuai hasil keputusan Kongres XVI MPK, terpilih:

Ketua Badan Pengawas MPK : Hari Sugiharto, S.H., M.Sc

Ketua Umum MPK : Ir. David J. Tjandra, M.A

Sekretaris Umum MPK : Ir. Christian Handoyo

Bendahara Umum MPK : Kicky Wangkar

Pada Sabtu, 2 Desember 2016 akan dilaksanakan Ibadah Peneguhan dan Pengutusan Pengurus Harian MPK Masa Layanan 2016-2021 dengan susunan personalia lengkap.

Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati kepengurusan yang baru ini untuk mewujudkan visi dan misi MPK untuk Pendidikan di Indonesia.

Catatan :

Materi Kajian Tema Pdt. Hendra G. Mulia, S.Th., M.Div, Th.M., D.Min dapat diunduh di : Materi Pak Hendra Mulia

Link berita tentang Kongres XVI MPK di media pers lain :

BERITA NARWASTU

BERITA NARWASTU 2

BERITA NARWASTU 3

TABLOID PODIUM

KOMPAS

Foto-foto dokumentasi secara lengkap akan kami share di kemudian hari.

 

0
Berita

Comments