RAKERNAS/SPP II MPK TAHUN 2018

Rapat Kerja Nasional/Sidang Pengurus Pleno I MPK  tahun 2017 memutuskan bahwa Pengurus Harian MPK diberi kewenangan untuk menetapkan tuan rumah Rakernas/SPP II MPK tahun 2018. Pengurus MPKW Sulawesi Tengah menyatakan bersedia sebagai tuan rumah dan membentuk Panitia Pelaksana dengan menerbitkan Surat Keputusan 04/SKEP/PH-MPK/XVI-2018 tentang Penetapan Panitia Pelaksana Rapat Kerja Nasional/Sidang Pengurus Pleno II MPK Tahun 2018 tertanggal 3 Juli 2018.

Pengurus Harian MPK bersama Panitia Pelaksana sudah sepakat bahwa Rakernas/ SPP II dilaksanakan di Palu pada tanggal 1-3 November 2018. Di tengah persiapan yang dilakukan oleh Panitia Pelaksana, pada tanggal 28 September 2018   terjadi gemba bumi dan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala sehingga tidak memungkin lagi kegiatan ini dilaksanakan di Palu. Sehubungan dengan hal tersebut Pengurus Harian MPK menetapkan bahwa Rakernas/SPP II dilaksanakan pada tanggal 15-17 November 2018 bertempat di Zuri Resort and Convention, Cipanas, Jawa Barat dengan pelaksana Pengurus Harian MPK.

Dihadiri oleh 15 orang Utusan MPKW dan 15 orang Peninjau perwakilan dari MPKW maupun Yayasan anggota, jumlah total peserta Rakernas/SPP II MPK Yahun 2018 ini adalah 52 orang, termasuk PH MPK, Badan Pengawas serta undangan-undangan lainnya.

Pada Rakernas/SPP II MPK Th 2018 ini, Pengurus MPK dan MPKW tidak hanya melakukan evaluasi program kerja tahun 2018, tapi juga merumuskan strategi dan langkah-langkah yang konkrit dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah Kristen dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang terjadi, sehingga menghasilkan program kerja yang sesuai tujuan di tahun 2019.

Program kerja MPK dijabarkan dan dilaksanakan dengan bertolak dari nilai-nilai mendasar dan aspek-aspek substantif yang terkandung dari dalam tema dan subtema tersebut. Tema dan subtema merupakan jiwa, nafas, benang merah dan tali pengikat yang menjadi “roh” dari gerakan kesaksian dan pelayanan MPK dari masa ke masa. Dalam hubungannya dengan hal-hal itulah Pokok Pikiran Utama Rakernas/SPP II MPK tahun 2018, yang menjadi aksentuasi dalam rangka menggumuli, menghayati dan mengoperasionalisasikan tema dan subtema tersebut maka Pokok Pikiran Utama Rakernas/SPP II MPK tahun 2018 adalah “Optimalisasi Sinergi Internal dan Memperkokoh Sinergi Eksternal Bagi Pembangunan Pendidikan di Indonesia”.

 

Pada Rakernas/SPP II MPK Tahun 2018 ini juga hadir beberapa narasumber yang menyampaikan beberapa informasi/paparan yang terkait dengan Pendidikan, diantaranya hadir DIRJEN BIMAS KRISTEN dari Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si. memberikan paparan terkait Dunia Pendidikan Kristen dengan Gereja. Selain itu juga hadir perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan paparan mengenai BPJS Ketenagakerjaan terkait dengan Yayasan/Sekolah Swasta.

 

 

0
Berita

Comments