RAKERNAS/SPP III MPK 2019 SELESAI DILAKSANAKAN

Rapat Kerja Nasional (Rakernas)/Sidang Pengurus Pleno (SPP) III MPK tahun 2019 sudah dilaksanakan pada tanggal 20-22 November 2019 di Pondok Remaja PGI, Cisarua, Kab. Bogor-Jawa Barat. Rakernas III dihadiri oleh 51 orang yang terdiri dari Badan Pengawas/Pembina MPK, Pengurus Harian MPK dan Pengurus MPKW di seluruh Indonesia serta yayasan/badan penyelenggara pendidikan Kristen anggota baru MPK.

Rakernas III diawali dengan Ibadah Pembukaan dengan Pelayan Firman oleh Pdt. Dr. Erastus Sabdono, Ketua Umum Gereja Suara Kebenaran Injil (GSKI) atau Rehobot Ministry. Hal penting dalam kotbah yang disampaikan adalah bahwa visi pendidikan Kristen tidak boleh menyimpang dari visi Allah yaitu membimbing anak menjadi sekarakter/serupa dengan Tuhan Yesus Kristus atau memberi kondisi yang kondusif bagi upaya mengembalikan manusia kepada rancangan semula yang Allah tetapkan yaitu segambar dan serupa dengan Allah. Hal penting lainnya adalah pendidikan Kristen harus mampu mengembangkan seluruh potensi anak sehingga mampu berkembang secara optimal.

Selanjutnya, Ketua Umum MPK, Ir. David J. Tjandra, M.A. menyampaikan sambutan pembukaan sekaligus membuka Rakernas III secara resmi.

Adapun agenda/acara Rakernas III yang dilakukan adalah (1) Penyampaian Laporan Pelaksanaan Program Kerja MPK dan Laporan Keuangan MPK tahun 2019; (2) Pengesahan Anggota Baru; (3) Informasi pengawasan/pembinaan oleh Badan Pengawas MPK; (3) Penyampaikan Arah dan Kebijakan MPK tahun 2020 dan uraian Pokok Pikiran Utama Rakernas III; (4) Penyampaian Rancangan Program Kerja dan APB MPK tahun 2020; (5) Penyampaikan laporan MPKW tahun 2019 dan Rancangan Program Kerja  MPKW tahun 2020; (6) Sidang Kelompok untuk membahas secara detail Rancangan Program  RAPB MPK tahun 2020; (7) Sidang paripurna menetapkan Program Kerja dan APB MPK tahun 2020; (8) Penutupan.

Pada tahun 2020 selain program-program peningkatan kualitas ada 2(dua) program nasional yang akan dilaksanakan yaitu (1) HUT Ke-70 MPK tahun 2020 yang puncak acaranya akan dilaksanakan di Batam pada awal Juni 2020 dengan tuan/nyonya rumah MPKW Kepulauan Riau. Pada HUT Ke-70 MPK tersebut  akan digelar beberapa lomba yang akan melibatkan guru-guru. (2) pentingnya pelaksanaan Konsultasi Nasional (Konas) III Gereja dan Pendidikan Kristen yang akan dilaksanakan pada awal September 2020 bertempat di Manado, Sulawesi Utara. Konas III dilaksanakan mengingat pentingnya kita mempersiapkan generasi muda Kristen di era disrupsi ini. Oleh sebab itu Konas III ini sangat penting dan strategis untuk menghasilkan kesepakatan bersama gereja dan yayasan/badan penyelenggara pendidikan Kristen dalam menentukan arah pendidikan masa depan. Pada Konas III tersebut kita juga akan membahas berbagai topik terkait pendidikan dalam rangka merumuskan Grand Design Pendidikan Kristen di Indonesia.

Pengurus Harian MPK mengharapkan agar program kerja yang sudah ditetapkan mendapat dukungan semua pihak sehingga program kerja tahun 2020 dapat dilaksanakan sesuai rencana. (rsm)

Comments