REFORMASI PENDIDIKAN KRISTEN

Hari ini tepat 500 tahun, kita merayakan hari Reformasi.

Tanpa terasa sudah 500 tahun, kita menikmati karya Martin Luther pada 31 Oktober 1517.

Marilah di hari peringatan 500 tahun Reformasi, kita kembali menegakkan SOLA SCRIPTURA dalam pendidikan di sekolah Kristen yang kita selenggarakan dengan mendasari seluruh kegiatan pendidikan pada kebenaran Firman Tuhan.

Marilah di hari peringatan 500 tahun Reformasi, kita kembali menegakan SOLA GRATIA dalam pendidikan disekolah Kristen yang kita selenggarakan karena kita butuh Anugerah Allah dalam proses transformasi anak didik kita menjadi seperti yang Allah rancangkan.

Marilah di hari peringatan 500 tahun Reformasi, kita kembali menegakkan SOLA FIDE dalam pendidikan di sekolah Kristen menghadapi segala tantangandi dalam maupun di luar sehingga kita tidak menyerah dan putus asa. Tetapihanya oleh IMAN,kita terus maju mengerjakan tanggung jawab pendidikan yang Tuhan sudah percayakan.

Marilah di hari peringatan 500 tahun Reformasi, kita kembali menegakkan SOLUS CHRISTUS: bukan membangun citra diri anak didik kita diatas dasar prestasi atau prestige tapi diatas dasar KRISTUS saja, Christ alone. Bukan karena disiplin, kesalehan, metode pembelajaran dan kepandaian kita yang dapat mengubah anak didik kita, tetapi hanya karena Penebusan Kristus yang telah melepaskan mereka dari ikatan dosa dan memampukan mereka hidup sesuai image Pencipta-Nya.

Marilah di hari peringatan 500 tahun Reformasi, kita kembali menegakkan SOLI DEO GLORIA: mari kita evaluasi kembali idealisme, cita-cita, dan ambisi kita. Bukan untuk nama sekolah/yayasan kita atau organisasi kita tapi HANYA untuk KEMULIAAN ALLAH. Bukan kita berjalan sendiri sendiri membangun menara babel kita sendiri tapi harusnya kita bergandeng tangan seluruh stakeholders pendidikan Kristen dari Gereja, Yayasan/Badan Penyelenggara Pendidikan Kristen, Sekolah Tinggi, Pendidikan Dasar dan Menengah, orang tua dan komunitas Kristen supaya melalui pendidikan Kristen yang kita lakukan nama Tuhan dimuliakan. Sudahkah kita mengerjakan pendidikan di sekolah Kristen kita dengan sungguh sungguh sehingga menjadi kemuliaan bagi Allah atau asal saja?

SOLI DEO GLORIA.

Marilah kita mengambil waktu untuk memeriksa diri kita apakah REFORMASI sudah terjadi didalam Gereja kita, sekolah kita dan di rumah kita?

Jakarta, 31 Oktober 2017

Pengurus Harian MPK

Comments