Sidang MPL-PGI 2016

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) sebagai mitra dari MPK di Indonesia setiap tahun menyelenggarakan Sidang MPL-PGI, yang mana Sidang MPL-PGI ini memiliki tugas utama yaitu mengevaluasi pekerjaan PGI dan gereja-gereja di Indonesia selama setahun yang lalu. Sekaligus juga merencanakan program kerja untuk setahun yang akan datang.

MP-PGI

Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL-PGI) 2016 dibuka secara resmi oleh Pdt. DR. Henriette Hutabarat-Lebang, Ketua Umum PGI, dengan pemukulan gong, di Lapangan Open Stage Pagoda, Parapat, Sumatera Utara, hari Jumat tanggal 22 Januari 2016.

Sidang yang berlangsung pada tanggal 22-26 Januari 2016 ini mengangkat tema: Tuhan Mengangkat Kita dari Samudera Raya (Maz. 71: 20b), dan sub tema: Dalam Solidaritas dengan Sesama Anak Bangsa, Kita Tetap Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila Guna Menanggulangi Kemiskinan, Ketidakadilan, Radikalisme dan Kerusakan Lingkungan. Sementara Pokok Pikiran persidangan yaitu Spiritualitas Keugaharian: Tumbuh Bersama Memelihara Keberagaman.

IMG-20160125-WA0000

Sidang MPL-PGI 2016 ini merupakan tindak lanjut dari Sidang MPL-PGI 2015 lalu di Nias yang mensinyalir bahwa akar dari semua persoalan-persoalan kita, baik di tengah gereja maupun bangsa ini adalah kerakusan, dan kerakusan ini sudah sedemikian rupa menggerogoti nilia-nilai kehidupan tetapi juga perilaku kita sehari-hari. Sebab itu, Sidang Raya mengamanatkan perlunya gereja-gereja mengembangkan spirtualitas keugaharian sebagai kontra terhadap kerakusan ini.

Dalam kerangka itulah, sidang MPL-PGI 2016 kali ini mencoba mengelaborasi spiritualitas keugaharian ini dalam terang tumbuh bersama di tengah-tengah keberagaman Indonesia, untuk bersama memelihara keberagaman yang ada.

foto-bersama (1)

Comments