Location, Jakarta,Indonesia
(021) 29022086

Everyday Blessing: Kasih Karunia Tuhan

📖 Efesus 2:10 (TB)
“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Kapan kita cenderung berfokus pada apa yang orang lain katakan tentang kita dibandingkan apa yang Tuhan katakan tentang kita? Bagaimana harga diri kita bertumbuh seiring kita semakin dekat dengan Yesus? Apa peran kita di gereja kita? Di komunitas kita? Di dalam dunia? Bagaimana kita memenuhi peran tersebut?

Alasan mengapa kita berharga adalah karena apa yang Tuhan katakan tentang kita, bukan karena apa yang orang lain katakan tentang kita.

Banyak orang yang kurang percaya diri. Mereka tidak merasa nyaman dengan diri mereka sendiri karena mereka selalu berusaha menyemangati diri mereka melalui jenis pakaian yang mereka kenakan, jenis mobil yang mereka kendarai, atau perkataan mereka.

Mereka terus-menerus berusaha untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri karena mereka benar-benar tidak menerima diri mereka sendiri yang sebenarnya merupakan pemberontakan terhadap Tuhan.

Jika Tuhan ingin kita menjadi orang lain, kita tidak akan ada. Tapi Tuhan menginginkanmu! Dia membuatmu menjadi dirimu sendiri. Kita sebagai orang percaya tahu bahwa harga diri yang sejati berasal dari tiga fakta:

  1. Tuhan menciptakan kita.
  2. Yesus mati untuk kita.
  3. Roh Tuhan diam di dalam kita.

Alkitab berkata, “Kita adalah mahakarya Tuhan. Dia telah menciptakan kita secara baru di dalam Kristus Yesus, sehingga kita dapat melakukan hal-hal baik yang telah lama direncanakannya bagi kita” (Efesus 2:10). Perjanjian Baru awalnya ditulis dalam bahasa Yunani. Kata Yunani untuk “mahakarya” adalah puisi. Dari situlah kita mendapatkan “puisi”. Intinya, Tuhan berkata, “Kamu adalah puisiku. Kamu adalah mahakaryaku. Saya tidak ingin kita meniru orang lain. Saya telah memberikan karunia-karunia dalam diri kita karunia rohani, hati, kemampuan, kepribadian, dan pengalaman dan kita menggunakannya.”

Kita berharga karena apa yang Tuhan katakan tentang kita dan apa yang telah Dia lakukan untuk kita. Kita tidak hanya diinginkan. Kita dibutuhkan.

Alkitab berkata dalam 1 Korintus 12:4-6, “Ada berbagai karunia rohani, tetapi Roh yang sama memberikannya. Ada berbagai cara untuk melayani, namun Tuhan yang sama dilayani. Ada berbagai jenis pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi Tuhan yang sama menghasilkan setiap anugerah dalam diri setiap orang”

Kita dibutuhkan. Kita dibutuhkan di gereja kita. Kita dibutuhkan di komunitas kita. Kita dibutuhkan di dunia ini. Jika kita tidak dibutuhkan, Tuhan tidak akan menciptakan kita. Dia membawamu ke sini untuk memberikan kontribusi dalam hidup kita.

Tidak ada orang kecil dalam keluarga Tuhan. Setiap orang, setiap bagian dari keluarga Tuhan penting. Tahukah kita lampu apa yang paling penting di rumah? bukan lampu gantung besar di ruang makan. Tapi adalah lampu kecil mungil yang kita nyalakan sehingga ketika kita bangun untuk pergi ke kamar mandi di tengah malam, jari kaki kita tidak tersandung.

Setiap peran penting. Kamu penting. Kita berharga karena Tuhan berkata demikian dan karena Dia membayar tebusan yang begitu besar bagi hidup kita ketika Dia mengutus Putra-Nya, Yesus, untuk mati di kayu salib bagi kita. Kita adalah mahakarya Tuhan. Sekarang keluarlah dan hiduplah seperti yang kita yakini!

Misi : Bersyukur karena kasih karunia Tuhan bagi hidup kita menjadi ciptaan TUHAN yang termulia.

Doa : Ya TUHAN, kami bersyukur Karena kami menjadi buatan-Mu, yang diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan oleh Engkau TUHAN sebelumnya. Kami mau hidup dalam Engkau TUHAN. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Disusun oleh: Tim Task Force Doa &  Konseling

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *