Everyday Blessing: SEED (BENIH)

Gambar/Ilustrasi: Joshua Lanzarini on Unsplash

đź“–Matius 13: 8-9
“Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”

TUHAN selalu memberikan benih yang baik bagi hidup kita. Benih keberhasilan, benih damai sejahtera, benih kebahagiaan. Dan benih-benih buah Roh yang haruslah ditanam di tanah yang baik agar menghasilkan buah yang baik baik pula.

Yesus mengajarkan pentingnya memiliki hati yang baik dan benar melalui ilustrasi petani yang sedang menabur benih. Ia mengibaratkan hati manusia seperti tanah, dan firman Tuhan adalah benih yang ditaburkan.

Tanah yang buruk dalam ilustrasi tadi ada tiga, pertama adalah pinggiran jalan, tanah yang sering dilalui orang dan sudah mengeras.
Demikian juga manusia yang sudah mengeraskan hati, firman Tuhan tidak masuk ke dalam hatinya, sehingga setan dengan mudah mencuri berkat-berkat Tuhan yang seharusnya ia terima.

Hal serupa terjadi dengan benih yang jatuh di tanah berbatu, dituliskan bahwa benih ini tidak bisa berakar mendalam karena lapisan tanahnya cuma sedikit. Hingga pada akhirnya ketika tekanan atau penganiayaan terjadi, maka benih itu langsung mati terhimpit.

Yang ketiga adalah yang jatuh di antara semak duri, benih itu berakar dan bertumbuh, namun himpitan kekuatiran dan tipu daya kekayaan membunuh benih firman tadi.

Yang terakhir adalah benih yang ditaburkan di dalam tanah yang baik, benih-benih itu bertumbuh dan menghasilkan buah. Yang menarik, setiap tanah memiliki kapasitasnya sendiri, ada yang menghasilkan 30 kali lipat, 60 kali lipat dan 100 kali lipat.

Jangan pernah memikirkan seberapa besar hasil yang akan kita tuai, namun cobalah untuk setia dengan pekerjaan kita saat ini. Jadilah pekerja-pekerja yang rajin dan biarkan TUHAN yang menumbuhkan buahnya untuk kita tuai.

Saat kehidupan kita berbuah, kita juga harus membagikannya pada orang lain. Dan itulah yang dinamakan HIDUP DIBERKATI UNTUK MENJADI BERKAT.

MISI: Miliki hati seperti tanah yang subur untuk benih Firman Tuhan di tanam dan menghasilkan buah

DOA: Tuhan kami bersyukur untuk Benih FIRMAN TUHAN yang diberikan bagi kami. Jadikanlah hati kami seperti tanah yang subur untuk benih FIRMAN-Mu bertumbuh dan berbuah dalam hidup kami. Amin.

Disusun oleh: Tim Task Force Doa &  Konseling

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *