Hidup Merdeka Untuk Menjadi Berkat

HIDUP MERDEKA UNTUK MENJADI BERKAT

Gambar/Ilustrasi: Chungkuk Bae on Unsplash

Nats : 2 Korintus 5:15-20.
Ayat Mas : Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka (2 Korintus 5:15).

Perenungan: Apakah ciri dari orang yang hidup merdeka?

PENDALAMAN
Rasul Paulus mengajarkan bahwa setiap murid Yesus adalah seorang yang telah merdeka dan menjadi ciptaan yang baru (2 Korintus 5:17). Paling tidak, ada tiga hal baru yang akan dimiliki oleh seorang yang telah menjadi murid Kristus.

Pertama, status yang baru di hadapan Allah. Alkitab menyatakan bahwa semua orang telah berdosa (Roma 3:23). Keberadaan yang berdosa ini menempatkan manusia menjadi musuh Allah. Rasul Paulus menjelaskan bahwa di dalam Tuhan Yesus, seorang manusia berdosa yang adalah musuh Allah, dapat didamaikan dan berubah statusnya menjadi “anak Allah” (lihat Yohanes 1:12).

Kedua, cara hidup baru. Sebelum percaya kepada Tuhan Yesus, semua manusia adalah hamba dosa. Apa artinya menjadi hamba dosa? Kata “hamba” mengacu kepada status dan kondisi seseorang yang dikuasai oleh seorang tuan. Dalam konteks Alkitab, seorang hamba digambarkan sebagai seseorang yang tidak punya hak atas hidupnya. Seorang hamba hanya akan melakukan apa yang diperintahkan oleh tuannya. Jadi, “hamba dosa” adalah seseorang yang terikat dengan dosa, ia dikendalikan oleh dosa, ia hanya dapat melakukan dosa, ia tidak mampu menolak dosa. Tuhan Yesus datang untuk membebaskan manusia dari perhambaan dosa sehingga mereka dapat hidup untuk melakukan hal yang benar. Sejak percaya Tuhan Yesus, seseorang akan mampu menolak dosa. Mereka akan mampu menolak semua tindakan yang akan mendatangkan kerugian kepada orang lain.

Ketiga, tujuan hidup baru. Seorang murid Yesus akan hidup sebagai utusan Kristus (2 Korintus 5:20). Mereka memiliki kerinduan yang kuat untuk memperkenalkan Kristus kepada banyak orang. Mereka menginginkan banyak orang terbebas dari ikatan dosa. Mereka tidak hidup bagi diri mereka sendiri. Mereka memikirkan orang lain yang belum menderngar berita Injil. Mereka berupaya untuk menjadi saluran berkat Allah bagi orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya.
Seorang murid Yesus telah dimerdekakan agar mampu menjadi saluran berkat bagi sesama.

Aplikasi: Apakah menjadi saluran berkat bagi sesama merupakan wujud nyata dari kehidupan kita yang telah merdeka dari dosa? Hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjadi saluran berkat Allah bagi sesama?

Misi : Hari ini kita merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77 tahun. Marilah kita berterima kasih untuk pemeliharaan Tuhan atas Negara Indonesia yang tetap baik sekalipun diterpa oleh badai pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai. Selanjutnya, marilah kita bergiat untuk berkarya dan menolong masyarakat yang membutuhkan. Dengan cara demikian, kita telah mewujudnyatakan kehidupan seorang murid Kristus yang menjadi saluran berkat.

Doa : Tuhan Yesus, kami berterima kasih atas kebaikan-Mu yang telah memberikan kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia. Saat ini, pakailah renungan hari ini agar kami dapat lebih mengenal keagungan kasih dan kedahsyatan kuasa-Mu. Dalam Nama Tuhan Yesus, Amin.

Komisi Misi dan Doa
Bidang IV MPK – Kemitraan 🙏🇮🇩

Disusun oleh: Anastasia H. Djena, M.Miss. (Bidang 4 MPK Indonesia)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.