Kemendikbud Meluncurkan Nomor Pengaduan

“Banyak yang mengalami atau menyaksikan kekerasan di sekolah tapi tidak tahu harus melapor kemana. Melalui nomor ini mereka bisa langsung menghubungi kami untuk melaporkan dan akan langsung kami selidiki,” disampaikan oleh Mendikbud Anies Baswedan dalam konferensi pers di kantor Kemdikbud Senin, 11 Juli 2016.

Nomor pengaduan resmi tersebut ialah 0811-976-929.

Beliau memaparkan, dengan banyaknya aksi kekerasan atau “bullying” dari kakak kelas terhadap adik kelasnya itulah mengapa pemerintah meluncurkan program pengaduan tersebut. Praktek perploncoan merupakan warisan jaman kolonialisme dan sudah tidak relevan dengan pendidikan.

Dia pun menegaskan, bagi pihak sekolah yang tidak mau menyelesaikan masalah kekerasan di lingkungannya maka akan diberikan sanksi tegas mulai dari teguran administratif hingga pemberhentian jabatan.
“Kita harap dengan regulasi ini bisa memastikan bahwa negara hadir, dan kami akan mengerahkan seluruh aparatur untuk mengawal ini,” ujarnya menambahkan.

Adapun alternatif bila ditemui tindak kekerasan, pelecehan, perploncoan ataupun berbagai bentuk kekerasan di sekolah dapat dilaporkan ke layanan pengaduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tapi sebaiknya dapat membaca terlebih dahulu prosedur pengaduannya. Informasi layanan informasi dan pengaduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dapat diakses di sini

Sumber : Antara & Kemendikbud

0
Berita

Comments