Keteladanan Orang Tua, Investasi tak Ternilai Bagi Anak

belajar bersama buah hati

Keluarga menjadi pendidik pertama dan utama dalam mendidik anak. Oleh karena itu, keteladanan orang tua menjadi investasi tak ternilai untuk anak-anak.

Karena pentingnya keluarga, Direktur Pembinaan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sukiman, menilai pendidikan keluarga jelas perlu dilakukan. “Pendidikan keluarga menjadi tanggung jawab bersama,” kata dia, di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta, Senin (25/7). Karena itu, seluruh masyarakat diharapkan dapat terlibat aktif dalam program ini.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan juga menegaskan, kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh kualitas penduduknya. Dengan kata lain, sebagian besar ditentukan oleh kualitas layanan pendidikan dan kesehatan pada anak-anak.

Pasalnya, lebih dari 90 persen perkembangan otak anak terjadi pada lima tahun pertama usia dini. “Oleh sebab itu, kita perlu berikhtiar bersama untuk meningkatkan kualitasnya,” kata dia. Apalagi, dia melanjutkan, orang tua berperan sangat penting pada masa ini.

Sumber : Republika

Comments