Yogyakarta Luncurkan Try Out Online

Try Out Online

Dalam waktu dekat Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DI Yogyakarta (DIY) akan meluncurkan layanan try out Ujian Nasional (UN) online. Dengan adanya layanan ini digunakan dalam latihan-latihan menghadapi ujian nasional.  Layanan ini dapat diunduh secara gratis melalui website BTKP DIY www.jogjabelajar.org.

Oleh Kepala BTKP DIY BP Singgih Raharja dikatakan akan disediakan beberapa soal latihan UN untuk sekolah dasar (SD), SMP, SMA hinggga SMK. Penyusunan soal-soal try out ini disusun berdasarkan kisi-kisi dan panduan dari Kementrian Pendidikan Nasional dan dilakukan bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) DIY

Siswa pun tidak perlu khawatir, UN online ini dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga setelah mengerjakan latihan dapat mencocokan hasil jawaban. Hasil nilai try out pun akan dapat segera dihitung berdasarkan rumus penilaian UN.

Selain itu juga Bp Singgih mengatakan bahwa setiap mata pelajaran yang masuk UN akan disediakan beberapa tipe soal. dan soal UN online ini akan diperbarui setiap enam bulan sekali.  Latihan soal UN ini dapat diunduh dengan alat maupun gratis. Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung upaya UN berbasis komputer atau UN online Computer Based Test(CBT). Melalui kebijakan ini diharapkan siswa terbiasa mengerjakan soa berbasis online.

BTKP sendiri memberikan support pada verifikasi peralatan di 179 sekolah di DIY yang akan menggelar uN online atau CBT tahun ini. “Mereka sudah siap terutama sarana, prasarana dan jaringannya,” ungkap Singgih.

(Dikutip dari laman republika.co.id)

2
Berita

Comments

  • Leisya
    Reply

    Bagus sekali tu pak, tp bagaimana bagi orang yg tdk mempuyai fasilitas kalau bisa saya usul pak bagaimana kalau di wilayah2 se kecamatan kota di yogyakarta di adakan semacam try out biar semua lapisan masyarakat bisa ikut dalam menjajaki soal serta menjajaki kemampyannya terimakasih

    • Ely Wulandari

      Yth Ibu Leisya,
      Terima kasih Ibu atas sarannya, akan kami sampaikan ke pihak yang berwenang mengenai hal ini.
      God Bless.