Program Teacher Transformation Centre (TTC)

1
2
3
4
5
6
previous arrow
next arrow

Teacher Transformation Centre (TTC) adalah program yang dibuat oleh Yayasan Transformasi Bagimu Negeri (TBN) dalam kerja sama dengan Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK). Program ini bertujuan memperlengkapi guru-guru yang memiliki kerinduan untuk melayani di daerah 3T. 

Kegiatan Bimbel SD GMIT Probur 1 Alor

Para lulusan sarjana pendidikan yang berminat mengikuti program ini akan mendaftarkan diri secara online di website resmi Transformasi Bagimu Negeri (transformasibagimunegeri.org) dan mengunggah berkas yang diminta. Selanjutnya mereka mengikuti serangkaian seleksi yang mulai dari seleksi administrasi hingga akhirnya dinyatakan lulus. Mereka yang sudah lulus tes kesehatan sesuai ketentuan yayasan, akan mengikuti pelatihan di Malang selama 3 bulan sebelum diutus ke sekolah mitra yang berada di daerah 3T.

Hasil yang diharapkan dari program ini adalah:

  1. Menghasilkan redeeming teachers yang bukan hanya sebuah profesi tetapi guru yang siap menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar yang transformatif, mampu menjadi teladan sebagai pendidik Kristiani, dan siap diutus ke sekolah Kristen di seluruh Indonesia.
  2. Menghasilkan redeeming teachers dan menumbuhkan panggilan mulia sebagai pendidik yang mampu mengenali dan mengarahkan anak didiknya menjadi yang seperti Tuhan inginkan (learning to be).
  3. Menghasilkan redeeming teachers yang mampu menyiapkan anak didiknya untuk hidup dalam masyarakat yang heterogen (learning to live together).

Guru TTC Angkatan Kelima yang diutus pada 11 Mei 2022 berjumlah 17 orang. Mereka melayani di SD GMIT Wuihebo (Sabu, NTT), SD YPK Wadibu Biak (Biak Numfor, Papua), SD YPPGI 02 Wosi (Manokwari, Papua Barat), SD YPPGI 29 Tobou (Manokwari Selatan, Papua Barat), SD YPK Via Dolorosa Bintuni (Bintuni, Papua Barat), SD YPK Yeflio Sorong (Sorong, Papua Barat), SD GMIT Probur 1 Alor (Alor, NTT), SDM Waikabubak (Sumba Barat, NTT), dan SDM Kalimbu Kuni (Sumba Barat, NTT).

Adapun kesaksian hidup guru-guru TTC dapat dilihat di website dan instagram Transformasi Bagimu Negeri. Beberapa yang lain bisa dibaca pada dokumen yang terlampir.

Semoga pelayanan MPK dan Yayasan Transformasi Bagimu Negeri dalam menjalankan program Teacher Transformation Centre dapat diperluas hingga menjangkau semua sekolah di daerah 3T. Amin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.