Kerangka Strategis Kemendikbud

paparan menteri 1

Kerangka Strategis Kemendikbud 2015-2019

Dengan adanya kerangka strategis ini diharapkan dapat terbentuk insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dan dilandasi gotong royong.

Penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan

Menguatkan pendidik, penyelenggara pendidikan, peserta didik maupun orang tua dalam ekosistem pendidikan. Serta memberdayakan pelaku budaya dalam pelestarian dan pengembangan budaya.

Peningkatan Mutu dan Akses

Meningkatkan mutu pendidikan sesuai standar Nasional untuk mengoptimalkan wajib belajar 12 Tahun. Meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan bagi masyarakat terpinggir. Fokus kebijakan pada peningkatan mutu dan akses untuk menghadapi persaingan global dengan pemahaman keberagaman, penguatan praktik baik dan inovasi.

Pengembangan Efektifitas Birokrasi  Melalui Tata Kelola dan Keterlibatan Publik

Melibatkan publik dalam aspek pengelolaan kebijakan yang berbasis data, riset dan bukti lapangan. Penguatan kapasitas tata kelola pada birokrasi pendidikan daerah. Mengembangkan koordinasi dengan bekerjasama lintas sektor di tingkat nasional. Fokus kebijakan dimulai dari mewujudkan birokrasi kemendikbud RI yang menjadi teladan dalam tata kelola yang bersih, efektif dan efisian serta melibatkan publik.

(Sumber : Paparan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)

 

 

Comments