Bidang 2

Deskripsi

Simbol Bidang 2: Alkitab

Simbol dari Bidang 2 adalah Alkitab yang memiliki arti menyampaikan kabar baik dimana Injil Kristus menjadi motivasi dasar dalam mengembangkan konten-konten informasi, edukasi dan inspirasi dalam media sosial dan modul pembelajaran dalam LMS MPK.

Bidang 2 bertugas dalam pengembangan pendidikan digital dan pengembangan dan pengelolaan konten di beberapa platform sosial media dan website MPK. Bidang 2 juga akan mengembangkan LMS (Learning Management System) sebagai platform pembelajaran dan pengembangan kemampuan siswa yang menyediakan konten pembelajaran yang interaktif dan modul-modul yang dapat unduh oleh siwa/siswi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat saat ini sangat memudahkan kita untuk mengakses berbagai hal, baik yang positif maupun yang negatif. Disinilah Bidang 2 berperan untuk menyediakan konten-konten inspiratif dan mendidik yang dapat menarik minat siswa/siswi sehingga internet tidak hanya dibanjiri oleh hal-hal yang negatif saja.

Program Kerja

Bidang 2 memiliki program kerja sebagai berikut:

1. Re-Branding MPK

Rumusan masalah1. Ditengarai 70% Sekolah Kristen di Indonesia tidak mengetahui eksistensi dan makna kehadiran MPK di Indonesia bagi sekolah-sekolah Kristen di Indonesia.
2. Diperkirakan 70% Sekolah Kristen di Indonesia belum menghidupi identitas sebagai Sekolah Kristen dan belum menerapkan Pendidikan Kristen berdasarkan prinsip Alkitab.
TujuanMembangun kesadaran bagi sekolah-sekolah Kristen di Indonesia bahwa
Penerapan Pendidikan Kristen dan Pembelajaran Merdeka dengan digitalisasi Pembelajaran adalah sebuah keniscayaan.
Gambaran Umum1. Meremajakan sistem dan Re-Desain Website MPK.
2. Membuat konten untuk di upload di media sosial MPK (Instagram. Facebook dan YouTube) dengan tujuan Re-Branding MPK, menumbuhkan kesadaran sekolah anggota MPK akan kehadiran dan fungsi MPK wajah baru serta mempublikasi teaser program setiap bidang.
3. Mengelola dan meng-update secara periodik konten informasi, edukatif, inspirasi serta kelas webinar dari bidang I,II, III,IV dan V yang akan dipublikasikan di media sosial dan website MPK.
4. Memfasilitasi pelaksanaan kelas webinar MPK yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dengan melibatkan bidang I,III,IV,V.
KPI yang dipantau1. Tersedia sebuah Website MPK dengan wajah baru yang dilengkapi fitur untuk mengakomodasi kebutuhan informasi, edukasi, insight dari setiap bidang
2. Tersedia konten informasi, edukatif, insight yang akan dipublikasikan secara periodik melalui media sosial dan website MPK minimal 1 minggu 1 konten yang dipublikasikan melalui medsos MPK
Timeline1. Mei – September 2022 : Meremajakan sistem dan Re-Desain website MPK.
2. Juni-September 2022 : Membuat konten untuk di upload di media sosial MPK (Instagram, Facebook dan YouTube) dengan tujuan Re-Branding MPK, menumbuhkan kesadaran sekolah anggota MPK akan kehadiran dan fungsi MPK wajah baru serta mempublikasi teaser program setiap bidang.
3. Oktober 2022 -Juli 2023 : Mengelola dan meng-update secara periodik konten informasi, edukatif, inspirasi serta kelas webinar dari bidang I,II, III,IV dan V yang akan dipublikasikan di media sosial dan website MPK.
4. Oktober 2022 -Juli 2023 : Memfasilitasi pelaksanaan kelas webinar MPK yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dengan melibatkan bidang I,III,IV,V.

2. Mendesain LMS MPK

Rumusan masalahDiduga 70% sekolah Kristen di Indonesia belum menerapkan penyelenggaraan pendidikan dengan murid sebagai pembelajar.
TujuanMenggerakkan sekolah-sekolah Kristen di Indonesia untuk Bersama secara Nasional Kembali pada tujuan Sekolah Kristen melalui digitalisasi Pembelajaran yang menerapkan Pendidikan Kristen Alkitabiah.
Gambaran Umum1. Memetakan dan menganalisa kebutuhan LMS di sekolah-sekolah anggota MPK untuk menentukan alternatif Platform LMS yang akan digunakan.
2. Merancang konsep LMS MPK dan menentukan vendor yang akan mendesain LMS MPK sesuai konsep.
3. Mengatur upload modul peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah dan juga kelas mentoring di LMS MPK.
4. Launching LMS dan Website MPK.
5. Pengembangan Konten LMS serta strategi publikasi.
KPI yang dipantauTersedianya sebuah LMS yang berisi:
1. Kelas-kelas pembelajaran mandiri online untuk mengembangkan kompetensi kepala sekolah dan guru sekolah Kristen anggota MPK (10 kelas pembelajaran online yang tersedia sesuai silabus dalam LMS MPK
2. Kelas-kelas pendampingan sekolah secara online bekerja sama dengan Fakultas Keguruan pada STT dan Perguruan Tinggi Kristen untuk mempercepat digitalisasi pembelajaran dan menjawab permasalahan pengelolaan pendidikan di sekolah-sekolah Kristen (50% sekolah Kristen anggota MPK yang aktif mendapatkan kelas mentoring online bersama dosen ahli di bidangnya).
Timeline1. Juni-Desember 2022 : Memetakan dan menganalisa kebutuhan LMS di sekolah-sekolah anggota MPK untuk menentukan alternatif Platform LMS yang akan digunakan.
2. Juni-Desember 2022 : Merancang konsep LMS MPK dan menentukan vendor yang akan mendesain LMS MPK sesuai konsep.
3. Januari – Juni 2023 : Mengatur upload modul peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah dan juga kelas mentoring di LMS MPK.
4. Juli 2023 : Launching LMS dan Website MPK.
5. Agustus 2023 – Mei 2027 : Pengembangan Konten LMS serta strategi publikasi.

3. Merancang Silabus Konten LMS dan Medsos serta Website MPK

Rumusan masalahDitengarai 80% sekolah Kristen di Indonesia belum siap dan belum tanggap untuk menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi IT sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik generasi milenial, zelenial dan Alpha.
TujuanMenggerakkan sekolah-sekolah Kristen di Indonesia untuk Bersama secara Nasional Kembali pada tujuan Sekolah Kristen melalui digitalisasi Pembelajaran yang menerapkan Pendidikan Kristen Alkitabiah.
Gambaran Umum1. Memetakan dan menganalisa kebutuhan sekolah-sekolah anggota MPK berkoordinasi dengan bidang I, III, IV dan V sebagai bahan untuk menyusun silabus konten LMS dan website MPK.
2. Menyusun silabus konten LMS, Medsos dan website MPK, topik webinar setiap hari sabtu serta merancang konsep kelas konsultasi online dalam LMS dan website MPK dengan melibatkan bidang I,III,IV dan V.
3. Kelas webinar Setiap hari Sabtu melibatkan bidang I,III,IV,V.
4. Januari – Juni 2023: Asistensi penyusunan modul dalam LMS MPK berkolaborasi dengan Sekolah Kristen, STT dan Perguruan Tinggi Kristen.
KPI yang dipantau1. Tersedia silabus LMS serta Konten Website dan Media Sosial MPK.
2. Tersedia modul pembelajaran mandiri online untuk pengembangan kompetensi kepala sekolah dan guru bagi Sekolah Kristen di Indonesia (10 modul yang tersedia sesuai silabus untuk diupload di LMS MPK).
3. Tersedia konsep konten untuk media sosial dan website MPK ( 4 konsep konten tiap bulan).
Timeline1. Juni 2022 : Memetakan dan menganalisa kebutuhan sekolah-sekolah anggota MPK berkoordinasi dengan bidang I, III, IV dan V sebagai bahan untuk menyusun silabus konten LMS dan website MPK.
2. Juli- September 2022 : Menyusun silabus konten LMS, Medsos dan website MPK, topik webinar setiap hari sabtu serta merancang konsep kelas konsultasi online dalam LMS dan website MPK dengan melibatkan bidang I,III,IV dan V.
3. Oktober 2022 – Juni 2023 : Kelas webinar Setiap hari Sabtu melibatkan bidang I,III,IV,V.
4. Januari – Juni 2023: Asistensi penyusunan modul dalam LMS MPK berkolaborasi dengan Sekolah Kristen, STT dan Perguruan Tinggi Kristen.