Bidang 3

Deskripsi

Simbol Bidang 3: Perahu

Simbol dari Bidang 3 adalah perahu yang berarti meningkatkan kesehatian melalui kolaborasi dan sinergi menjadi tujuan utama dalam kegiatan pendataan dan koordinasi antara MPK dan MPKW.

Sebagai lembaga yang taat hukum, MPK melalui Bidang 3 berperan untuk menyusun hal-hal berkaitan dengan keorganisasian seperti anggaran dasar dan anggaran rumah tangga terbaru yang akan disahkan dalam Rakernas November 2022. Bidang 3 juga melakukan pembentukan MPKW yang sudah tidak ada (Berakhir kepengurusannya) serta pembaharuan database membership.

Bidang 3 juga akan memfasilitasi pertemuan (ibadah) antar anggota MPKW dengan tema “Ibadah 1 Hati” untuk lebih mengenal dan mengetahui pergumulan yang sedang dihadapi oleh masing-masing MPKW serta mendoakannya dan menggumulkannya bersama.

Program Kerja

Program kerja dari Bidang 3 telah disusun sebagai berikut:

1. Menyusun ART yang merupakan turunan AD terbaru

Rumusan masalahAdanya Anggaran Dasar yang berubah pada Munas MPK di Bali.
TujuanMembuat Anggaran Rumah Tangga yang sejalan dengan Anggaran Dasar.
Gambaran umumBidang III akan melakukan koordinasi dengan Bidang V untuk menyusun ART yang merupakan turunan dari AD yang nantinya akan disahkan dalam Rakernas November 2022.
KPI yang dipantauTerbitnya ART yang sesuai dengan AD terbaru.
TimelineNovember 2022

2. Pembentukan MPKW yang sudah tidak ada

Rumusan masalahAdanya MPKW yang sudah berakhir kepengurusannya yaitu di Kalimantan Tengah dan Papua, dan dirasakan perlunya melakukan pemekaran 1 MPKW di Papua Barat.
TujuanAdanya MPKW yang kuat di setiap daerah sehingga mampu mengkoordinasikan dan membantu Yayasan Sekolah Kristen yang ada di daerah.
Gambaran umum1. MPK akan menyusun pengurus di daerah yang MPKW nya belum ada atau sudah tidak aktif lagi, sesuai dengan AD/ART MPK.
2. Adanya visitasi kepada MPKW yang masih ada untuk mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan daerah.
KPI yang dipantau1. Adanya kepengurusan baru di MPKW Kalimantan Tengah, Papua dan Papua Barat
2. Adanya komunikasi yang baik dengan MPKW yang ada.
TimelineNovember 2022

3. Ibadah 1 hati

Rumusan masalahBelum mengenalnya antar anggota MPKW dan belum diketahui kebutuhan dan pergumulan antar MPKW.
TujuanAntar sesama MPKW saling mengetahui pergumulan bersama dan juga bisa mendoakannya.
Gambaran umumBidang III akan memfasilitasi pertemuan dengan Zoom antar anggota MPKW dengan tema “Ibadah 1 hati “, sehingga pergumulan dan kerinduan yang ada di masing MPKW bisa didoakan dan digumulkan.
KPI yang dipantauAdanya kerjasama yang erat antar MPKW dan MPK Indonesia.
Timeline1 bulan 1 kali

4. Pengembangan Database dan Membership

Rumusan masalahPengkinian data anggota MPK yang dan pegarahan agar anggota baru bisa memasukkan data Yayasan mereka.
TujuanAgar MPK dapat mengetahui data terkini keanggotaan dan juga memetakan kondisi Yayasan di daerah untuk membuat strategi kedepan.
Gambaran umumBidang III berkerjasama dengan Bidang II akan membuat website MPK yang ramah pemakai, sehingga memudahkan Yayasan yang baru dan lama untuk melakukan pengkinian data mereka, juga melakukan pendaftaran baru.
KPI yang dipantauAdanya banyak data anggota yang terbaharui.
TimelineMei 2023