Everyday Blessing: FREEDOM (KEBEBASAN)

Gambar/Ilustrasi: Nadin Mario on Unsplash

Roma 6:5-6

“Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.”

Keadaan terbelenggu sangat menderita. Seandainya tangan dan kaki kita diikat sehingga tidak bisa bergerak sesuai dengan yang kita inginkan maka setelah beberapa jam tangan kita akan mengalami kram karena posisi yang statis dan tidak bergerak. Ketika kita terbebas sehingga bisa bergerak bebas maka kita pasti merasa sangat girang dan sukacita serta perlahan-lahan berusaha beradaptasi dengan keadaan.

Pengorbanan Kristus diatas kayu salib dan kebangkitanNya membebaskan kita dari belenggu dosa, menjadikan semua orang percaya sebagai manusia yang baru. Dan hal ini juga merupakan kabar sukacita yang sangat melegakan karena dengan demikian kita memperoleh selamat. Hal ini memampukan kita untuk hidup lebih berkenan kepada Allah. Tetapi mengapa sebagian dari kita terkadang masih jatuh kedalam dosa? Bahkan ada yang masih terikat?

Keadaan itu tentu bertentangan dengan Firman Tuhan hari ini. Ketika kita menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka kita terbebas dari dosa dan orang yang telah mengalami kebebasan tentunya tidak mau lagi kembali dalam posisi terikat. Jika kita mengalami kesulitan dalam membebaskan diri sepenuhnya dari belenggu dosa. Tuhan telah mengirimkan kita penolong yang lain yaitu Roh Kudus (Yohanes 14:16, 26) untuk menyertai kita dan memberitahukan segala sesuatu kepada kita.

Kita tak pernah sendiri, Allah selalu menyertai kita semua.

Misi: Hidup berkenan kepada Allah dengan terlepas dari belenggu dosa

Doa: Terima kasih Tuhan Yesus melalui pengorbananMu dan Kuasa kebangkitanMu, kami terlepas dari belenggu dosa sehingga kami dapat dimerdekakan. Engkau juga mengirimkan Allah Roh Kudus kepada kami sehingga kami tidak sendiri dalam perjuangan kami. Mampukan kami tidak jatuh kedalam belenggu dosa sehingga hidup kami menyenangkan hatiMu. Didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Disusun oleh: Tim Task Force Doa &  Konseling

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *