Location, Jakarta,Indonesia
(021) 29022086

Everyday Blessing: GENEROUS (MURAH HATI)

ūüďĖLukas 6:36
Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

Bermurah hati merupakan perintah Tuhan bagi orang percaya yang telah menerima kemurahanNya. Kita beroleh kemurahan Tuhan bukan karena kebaikan dan jasa-jasa kita, tapi karena memang Dia semata-mata murah hati. Karena kemurahan Tuhan kita telah diampuni dan diselamatkan (Mazmur 103: 8-12).

Kemurahan hati adalah salah satu dari buah Roh yang dihasilkan orang percaya bersama dengan Roh Kudus. Ada berkat bagi orang yang murah hatinya di mana ia sendiri akan beroleh kemurahan.

Allah yang kita sembah adalah Allah yang murah hati. Bukti bahwa Allah itu murah hati adalah Yohanes 10:10b yang mengatakan ‚ÄúAku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.‚ÄĚ Dalam ‚Äėsegala kelimpahan‚Äô artinya segala sesuatu yang Tuhan berikan kepada kita (hidup dan berkat) bukan hanya pas-pasan atau kurang, tapi justru melimpah, lebih dari cukup. Berdasarkan firman ini kita yakin bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang murah hati.

Sebagai anak-anak Bapa di sorga, kita seharusnya juga mencerminkan karakterNya yang murah hati. Murah hati didefenisikan dengan sebuah perilaku yang mudah memberi, tidak pelit, penyayang, penuh belas kasih, suka menolong dan baik hati. Kemurahan hati melibatkan banyak aspek dalam kehidupan dan interaksi antar manusia.

Contoh sifat yang suka memberi dengan sukacita tanpa mengharapkan imbalan/balasan misalnya kepada sesama yaitu pertolongan, materi, mengampuni kesalahan, mendoakan. Sementara memberi kepada Tuhan contohnya mengembalikan waktu, talenta, karunia, persembahan, dsb (karena segala sesuatu adalah berasal dari Tuhan dan milik Tuhan).

Kita diajar untuk bermurah hati sama seperti Bapa yang murah hati. Roh Kudus yang memampukan kita bermurah hati, sebagai salah satu buah Roh yang dipancarkan oleh sumber mata air kehidupan (yaitu Roh Kudus). Berbahagialah orang yang murah hatinya karena ia akan beroleh kemurahan. Jangan jemu-jemu berbuat baik, karena bila sudah datang waktunya kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah (Galatia 6:9)

Kemurahan hati bukan hanya berbicara tentang materi. Tetapi Kemurahan hati, juga berbicara tentang bagaimana kita Memberikan Sapaan, Senyuman, Pelukan dan Dukungan kepada semua orang yang membutuhkannya.

Ingat !!! Berkat akan selalu mengikuti kehidupan orang-orang yang penuh kemurahan hati!

Misi: Jadilah Terang bagi semua orang!
Selamat mempraktekan sikap kemurahan hati

Doa: Ya TUHAN, Ajarilah kami untuk selalu murah hati dan tidak menghitung untung atau rugi ketika kami memberikan bantuan kepada sesama kami. Dalam nama Tuhan kami berdoa. Amin.

Disusun oleh: Tim Task Force Doa &  Konseling

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *