Everyday Blessing: BARRIER (PENGHALANG)

BARRIER (PENGHALANG)

Gambar/Ilustrasi: Bart LaRue on Pexels

📖Mazmur 66:18.
Demikian firman Allah: “Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar.”

Tuhan sangat suka memberkati dan mengabulkan doa umatNya. Namun dari ayat yang kita renungkan hari ini, kita mendapat pelajaran bahwa salah satu sebab Tuhan tidak mau mendengarkan doa kita adalah, jika dalam hati kita ada sedikit saja niat jahat. Jangan menyalahkan Tuhan, jangan miliki percaya diri yang salah bahwa semua doa kita pasti Tuhan jawab YA.

Pemazmur memuji-muji Tuhan karena perbuatan-perbuatan Tuhan yang ajaib dan besar, dia juga sangat setia beribadah dan memanjatkan puji-pujian, serta doa-doanya. Selanjutnya dalam kaitan dengan ibadahnya, pemazmur menyatakan bahwa Tuhan sangat paham hati manusia. Sehingga dalam hal memuji-muji Tuhan, khususnya dalam berdoa, pemazmur menguji hatinya, sebab dia paham ⁿkalau ada sedikit saja niat jahat dihatinya, maka doanya tidak didegar Tuhan, ibadahnyapun sia-sia, walau mulutnya penuh kata-kata pujian dan pengagungan yang indah bagi Tuhan.

Kalau sampai hari ini doa kita belum didengar Tuhan, coba periksa hati kita dengan jujur, jangan berasumsi bahwa hati kita bersih. Sedikit saja ada kebencian, niat jahat, pelanggaran terhadap firman Tuhan, maka itu sudah cukup menjadi penghalang doa kita. Tuhan tidak bisa dipermainkan, Ia menguji hati manusia. Berbahagialah orang yang selalu menjaga hatinya tetap bersih.

Misi : Menjaga hati supaya selalu bersih di hadapan TUHAN.

Doa : Tuhan Yesus, Sucikan kami dengan darahMu, sucikan saya dari segala dosa. Dosa dalam hati, dosa dari perkataan dan perbuatan kami. Kami datang kepadaMu dengan hati yang tulus dan bersih. Biarlah hati kami menjadi tempatMu bertahta, menjadi tempat Engkau menyatakan kehadiranMu. Kami sadar, sering kami mengabaikan kemurnian dan kebersihan hati kami, sehingga tanpa pengertian yang benar, saat kami beribadah, berdoa dan memuji-muji Tuhan, tenyata semua itu menjadi kekejian di mataMu ya Tuhan. Biarlah setiap hari Engkau membersihkan hati kami ya Tuhan, agar doa kami berkenan padaMu.
Dalam nama Tuhan Yesus. Amin

Disusun oleh: Anastasia H. Djena, M.Miss. (Bidang 4 MPK Indonesia: Komisi Doa dan Misi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *