KEMERDEKAAN YANG SEJATI

KEMERDEKAAN YANG SEJATI

Doa: Terima kasih, Tuhan Yesus, untuk anugerah-Mu yang mengaruniakan kemerdekaan hidup baru kepada kami dan setiap orang yang percaya kepada-Mu. Amin.

Galatia 5:1, 13-14.
Ayat Mas : “Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita” (Galatia 5:1a).

Renungan:
Alkitab mengajarkan kemerdekaan bagi kehidupan orang percaya yang terutama adalah kemerdekaan dari belenggu dosa, kuasa si jahat dan maut. Kemerdekaan ini disediakan Allah melalui iman atas karya penebusan Kristus yang sudah digenapkan sempurna melalui kematian-Nya di kayu salib sebagai pengganti manusia berdosa dan kebangkitan-Nya.
Dalam Kristus semua orang yang percaya tidak lagi diperbudak oleh Hukum Dosa yang membuat manusia berada di bawah kekuasaan si jahat dan cengkeraman maut, kebinasaan (keterpisahan abadi dari Allah, Sumber Hidup).
Kemerdekaan dalam Kristus tersebut memberikan bonus kemerdekaan lain bagi orang percaya:

  • Kemerdekaan dari aneka tekanan, intimidasi rasa takut (sakit, susah, gagal, bersalah, malu, putus asa, tidak berdaya, dll.).
  • Kemerdekaan untuk bangkit dari aneka kegagalan, kesalahan, kehancuran masa lalu.
  • Kemerdekaan untuk membangun hidup baru di masa kini dan melangkah ke masa depan penuh harapan.
  • Kemerdekaan untuk melakukan semua hal yang indah, baik, berguna, bernilai sebagai dedikasi, pelayanan sebagai ungkapan syukur kepada Allah.
    Kemerdekaan yang diajarkan Alkitab dan disediakan Kristus bagi manusia adalah kemerdekaan yang membebaskan manusia dari kelumpuhan, belenggu perbudakan oleh dosa sehingga jadi hamba si jahat dan berujung maut (kebinasaan). Dan kemerdekaan yang memberikan kepada manusia potensi keleluasaan menjadi pribadi yang mulia, bermartabat, memancarkan sifat dan karakter gambar Allah yang dipulihkan.
    Orang yang dimerdekakan Kristus dimaksudkan memiliki hidup yang makin indah, baik, berguna, berdampak positif di hadapan Allah dan sesama manusia. Bukan pribadi yang bebas berkata, bertindak semaunya, sesukanya, berpusat pada ego dan ambisi pribadinya.

Aplikasi:
Apakah kita sudah memiliki kemerdekaan yang sejati yang Kristus anugerahkan?

Proyek Misi : Tuliskan nama seorang keluarga/kerabat/kenalan/teman untuk kita bagikan kebenaran tentang kemerdekaan sejati dalam Kristus hari ini.

Doa : berdoa agar seluruh stakeholder di MPK di Indonesia memilki kemerdekaan sejati dalam Kristus terutama terbebas dari belenggu dosa🙏

KEMERDEKAAN YANG KRISTUS ANUGERAHKAN ADALAH KEMERDEKAAN SEJATI
Marilah kita menarik hati kita kepada KRISTUS

Kristus datang untuk menyatakan kasih Allah kepada dunia, untuk menarik hati semua orang kepada diri-Nya…. Langkah pertama menuju keselamatan adalah menanggapi panggilan kasih Kristus. Kristus menarik kita melalui pernyataan kasih-Nya agar manusia dapat memahami sukacita pengampunan, damai sejahtera Allah. Jika kita menanggapi panggilan-Nya, menyerahkan hati kita kepada kasih karunia-Nya, Dia akan memimpin kita selangkah demi selangkah, menuju pengenalan penuh tentang diri-Nya, dan inilah hidup yang kekal yaitu Bebas dari dosa dan memiliki Kemerdekaan sejati🙏

Yeremia 31:3
Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.

Selamat berdoa & Bermisi
Salam sehat
Tuhan Yesus mengasihi dan memberkati kita semua 🙏🙏🙏

Rabu, 10 Agustus 2022
Komisi Misi & Doa MPK di Indonesia

Disusun oleh: Anastasia H. Djena, M.Miss. (Bidang 4 MPK Indonesia)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.